Monday, May 28, 2007

CDMA Indonesia Nomor Lima di Asia Pasifik

Jakarta, CDMA Development Group (CDG) mengumumkan total jumlah pelanggan CDMA2000 di Indonesia telah melewati angka 10 juta. Demikian ujar Chief Operation Officer CDG James Person saat acara Roundtable dan Executive Briefing yang diselenggarakan di Merchantile Club World Trade Center, Jakarta, Senin (28/5/2007).

Menurut James, jumlah pengguna CDMA2000 tanah air termasuk salah satu yang paling cepat berkembang di kawasan Asia Pasifik, dengan tingkat pertumbuhan 60 persen. Sedangkan secara global jumlah pengguna CDMA sekitar 400 juta dengan tingkat pertumbuhan 24 persen.

Menurutnya, Indonesia saat ini berada di posisi kelima sebagai negara dengan jumlah pengguna CDMA terbesar di Asia Pasifik. Di atasnya berada negara-negara maju seperti Jepang, Korea dan India.

"Ketersediaan perangkat dan layanan dengan harga terjangkau menjadikan CDMA2000 teknologi pilihan bagi negara berkembang" tutur James saat konferensi pers.

Target pelanggan yang dicanangkan CDG sampai akhir tahun 2007 di Indonesia diharapkan dapat mencapai angka 16 juta. Di tengah kompetisi yang ketat antar operator CDMA, angka itu dianggap masuk akal dengan ketersediaan teknologi baru yang dikembangkan CDMA dan harga yang dinilai masih terjangkau masyarakat.

CDMA2000 merupakan teknologi 3G (generasi ketiga) yang digunakan oleh 215 operator di 95 negara, termasuk 70 sistem CDMA2000 1xEV-DO yang melayani lebih dari 325 juta pelanggan.(ash/wsh)Ardhi Suryadhi - detikInet

No comments:

Google